Perbandingan Antara Canon EOS 650D dengan Nikon D5200

in: Camera
Perbandingan Antara Canon EOS 650D dengan Nikon D5200by Dwi Andang Kristiantoon.Perbandingan Antara Canon EOS 650D dengan Nikon D5200Canon dan Nikon memang selalu menarik untuk diamati pada perkembangan kamera buatan mereka, dua vendor ini selalu membuat calon pembeli kebinggungan karena mereka selalu menawarkan kamera dengan harga yang berimbang. Apalagi dengan keluarnya kamera baru mereka, disisi Canon diisi oleh EOS 650D dan pada Nikon sendiri diisi oleh D5200. Lalu, apa perbandingan dari kedua kamera […]

Canon dan Nikon memang selalu menarik untuk diamati pada perkembangan kamera buatan mereka, dua vendor ini selalu membuat calon pembeli kebinggungan karena mereka selalu menawarkan kamera dengan harga yang berimbang. Apalagi dengan keluarnya kamera baru mereka, disisi Canon diisi oleh EOS 650D dan pada Nikon sendiri diisi oleh D5200. Lalu, apa perbandingan dari kedua kamera tersebut?

canon 650D vs nikon D5200 ( Gambar dari DPreview )

Disisi kualitas foto, kedua kamera ini mungkin hampir tidak ada bedanya karena mereka dapat menghasilkan hasil foto yang sangat bagus, keduanya pun dapat melaju pada ISO 100 sampai dengan 800, selebih dari ISO tersebut akan timbul noise yang lumayan menggangu. Hanya, perbedaan dari resolusi sensornya yang berbeda, Canon menggunakan sensor CMOS 18 MP ( Mega Piksel ) sedangkan Nikon Menggunakan sensor CMOS 24 MP. Meskipun foto yang dihasilkan Canon EOS 650D dan Nikon D5200 sama bagusnya, untuk hasil yang maksimal, mengharuskan menggunakan lensa dengan optik yang berkualitas dimana lensa tersebut dikenal dengan harganya yang mahal.

 

Canon EOS 650D sedikit unggul disisi layar, karena pada layar 650D telah menggunakan layar yang dapat disentuh ( touchscreen ) dan merupakan DSLR pertama yang menggunakan layar sentuh, dimensi yang diusung pun sangat besar 3.2 inci ( 650D ) 3 inci ( D5200 ). kualitas layar, keduanya pun memiliki kualitas yang cemerlang dengan antarmuka yang berbeda tentunya, untuk kemudahan penggunaan, Canon lebih unggul dari Nikon. Akan tetapi, Nikon unggul disisi Autofocus, dimana D5200 menggunakan 39 titik fokus ( 9 diantaranya cross type ) sedangkan 650D hanya menggunakan 9 titik fokus dan semua menggunakan cross type yang sensitif, sangat disayangkan bukan, Canon hanya memiliki 9 titik fokus.

 

Penggunaan lensa pun, Nikon D5200 hanya dapat menggunakan lensa berkodekan AF-S, selebihnya jika menggunakan lensa AF-D maka autofocus tidak akan bekerja karena pada bodi D5200 tidak memiliki motor body, lain halnya dengan Canon EOS 650D, dimana semua lensa EF-S dan EF dapat dilahap olehnya dan autofocus tetap berjalan mulus, ini menjadikan nilai plus bagi Canon. untuk fitur video pun, autofocus yang dihasilkan Canon lebih cepat meski harus dipasangkan dengan lensa STM milik Canon. Tetapi, disisi kualitas video FULL HD, Nikon lebih unggul dengan resolusi rekam video mencapai 1080p@60fps sedangkan Canon hanya 1080p@30fps saja.

 

Memang Perbandingan Antara Canon EOS 650D dengan Nikon D5200 hanya sedikit tetapi memiliki nilai tambah dimasing-masing kamera. Dimana Canon lebih menggunguli Nikon pada layar sentuh, autofocus lebih cepat ketika menggunakan lensa STM, tombol navigasi lebih lengkap, pilihan lensa pun lebih banyak. Tetapi, jangan berkecil hati, karena Nikon pun unggul pada, Sensor CMOS 24 MP, titik fokus lebih banyak 39 titik fokus, rekam video FULL HD lebih mulus. Dalam memilih pun anda haru bijaksana dengan fitu-fitur yang ditawarkan sehingga anda tidak menyesal dikemudian hari.

 

Salam Fotografi !

Related Posts

22 Responses

  1. amingJanuary 21, 2013 at 2:21 pmReply

    naksir berat sih sama dua2 nya,
    tp kantong belum memungkinkan…nasiibbb…nassiibbb

    • Author

      Mas AndankJanuary 21, 2013 at 4:00 pmReply

      Saya kalo naksir sih enggak. Cuman kalo dibeliin sih mau xixixi. Lebih demen nikon D7000 nya mas atau Canon 6D ketimbang dua yang diatas :D

  2. Alid AbdulJanuary 21, 2013 at 3:10 pmReply

    naksir berat tapi kantong gak kuat haha, sementara kamera saya prosumer fujifilm s3300 :)

    • Author

      Mas AndankJanuary 21, 2013 at 4:02 pmReply

      Lah kamera itu buagus loh mas, dimaksimalin aja dulu hehehe. Kalo prinsip saya untuk beli kamera SLR atau DSLR “mending yang biasa aja dan nyampe dikantong, toh beli kamera belom bisa ngasilin duit juga” makanya kamera saya kamera jadul 500D :D

  3. Yusron KristaJanuary 21, 2013 at 7:47 pmReply

    dibilang pengen enggak, dibilang mau ya mau :p saya belum srek sama dslr. mungkin saya pinginnya kamera digital yang gedenya cuma segenggam

    • Author

      Mas AndankJanuary 22, 2013 at 12:07 amReply

      Nah, paling cocok samsung galaxy camera mas. Pas ruh segenggam

  4. Kukuh Nova PutraJanuary 21, 2013 at 10:45 pmReply

    Kalo disuruh milih, saya lebih pilih Canon soalnya lebuh greget :oops:

    • Author

      Mas AndankJanuary 22, 2013 at 12:09 amReply

      Semua bergantung masing-masing mas. Disesuaikan dengan kebutuhan aja. Untuk karakter seperti saya, saya lebih ke nikon nya, karna kebutuhan yang belum mendesak dan masih belajar dalam fotografi saya memilih canon sebagai kamera DSLR pertama saya, karena karakter canon lebih mudah dioperasikan

      • GugunAugust 25, 2013 at 3:13 amReply

        Kalau untuk filmmaking gimana, Mas? Baru beli 650D nih. Baca review D5200 jadi cemburu. Soalnya kebiasaan pake Canon sih.

        • Author

          Mas AndankSeptember 25, 2013 at 2:14 amReply

          saya lebih memilih Canon 650D kalau untuk Film making

  5. DravideJanuary 22, 2013 at 10:02 amReply

    Ini kamera perasaan yang ada di iklan yaaa mas? :grin:

    • Author

      Mas AndankJanuary 22, 2013 at 10:52 amReply

      iya mas, untuk canon 650D memang ada iklannya di televisi

  6. stephanus christionoJanuary 22, 2013 at 12:37 pmReply

    Aq yo naksir kui mas, sama 2 kamera itu.. Apalagi nikon… hehe… sayang, tahun kemaren aq pindah agama ke Sony…

    • Author

      Mas AndankJanuary 22, 2013 at 3:47 pmReply

      Lapo pindah mas? Aku malah pengen pindah ke nikon je :mrgreen:

  7. Kang NdulFebruary 18, 2013 at 5:58 pmReply

    klo buat video mending yang mana toh mas…maklum ana dari desa nih..mo bisnis shoting.. :oops:

    • Author

      Mas AndankFebruary 19, 2013 at 12:30 amReply

      Dua-duanya bagus kang, tapi lebih unggul canon karena memiliki deteksi frasa dan deteksi kontras secara cepat untuk video, kalo memang kebutuhan untuk video ambil yang canon, dan jangan lupa ambil lensa STM biar lebih maksimal autofocua kontinu nya saat merekam video

  8. DonyMarch 30, 2013 at 12:25 pmReply

    wah dengan baca artikel mas aq jd kepingin poto poto gitu pastinya seru abis.. saya pemula mas cm aq keliatan ne kok seneng yang nikon yang gbr nya lebih tajem setajem silet wkwkwk .. sesusah apa sich mas klu pemula pake nikon itu yaa .. ??

    • Author

      Mas AndankSeptember 25, 2013 at 2:10 amReply

      tidak susah kok mas :D kalau punya pasti bisa :)

  9. dindaAugust 10, 2013 at 11:23 amReply

    Aku mau beli buat liburan besok ke singapore, usul yg bagus harga maksimal 7.500.000-an saya sih niat mau canon 650D tapi kurang ngerti bagus yg mana, terimakasih

    • Author

      Mas AndankSeptember 25, 2013 at 2:12 amReply

      semua bagus kok mbak Dinda. Canon 60D juga bagus :)

  10. afepAugust 12, 2013 at 12:08 amReply

    Setelah 1 bulan browsing, setelah 3 hari keliling toko, setelah megang body canon 650d dan nikon d5200, akhirnya saya putuskan nikon saja, tidak ada penyesalan sedikitpun, saya tidak pro nikon/canon, karena ini kamera pertama saya, semua bisa dipelajari dengan mudah walaupun katanya pengopersian nikon agak susah dibanding canon. Yg jual juga bilang klo mau video, handycam saja mas :d, tq reviewnya mas

Leave a Reply